Refleksi Science Fair Puhua Primary School

Siswa sedang mempresentasikan Science Project mereka kepada pengunjung.

    Science Fair merupakan kegiatan pameran eksperimen sains yang diperuntukan untuk siswa kelas 4, 5 dan 6. Kegiatan ini bertujuan untuk memberi tantangan kepada siswa untuk mengeksplor lebih jauh tentang sains, mendorong siswa untuk memiliki core value Puhua school yaitu active dan solidarity; aktif dalam mengemukakan ide, melakukan eksperimen dan mempresentasikan karyanya, kemudian meningkatkan solidaritas siswa dalam bekerja sama dalam tim.

    Science Fair ini merupakan event pertama dimana saya menjadi PICnya. Saat diberi tahu bahwa acara ini merupakan acara besar, awalnya saya pesimis karena merasa masih awam dengan acara seperti ini, tetapi dengan support, bimbingan, solidaritas dan bantuan dari kepala sekolah, SMT dan para guru, alhamdulillah acara dapat berjalan dengan baik meskipun ada perubahan rencana drastis di h-sekian jam sebelum acara.

    Dari acara ini saya belajar banyak hal, salah satunya adalah always be ready for any circumstances, always be ready for a change. Seperti acara ini yang tadinya direncanakan sedemikian rupa untuk dilaksanakan offline, tetapi keadaan memaksa kami tidak mungkin melaksanakannya sesuai rencana. Malam itu juga, malam sebelum hari H, diadakan rapat darurat merubah drastis teknis acara. Membayangkan wajah kecewa para siswa yang antusias akan mempresentasikan eksperimen super keren mereka di depan banyak orang, rasa bersalah kepada guru-guru yang sudah membantu lembur pulang malam untuk dekorasi, bingung akan seperti apa jadinya acara esok hari. Campur aduk. But the show must go on, tim SMT dan kepala sekolah cepat tanggap dalam perubahan rencana yang super mendadak ini. Science Fair tetap berjalan dengan pengunjung secara online. Alhamdulillaah, siswa tetap antusias dalam memamerkan projectnya ditonton oleh para guru dan undangan.

    Perubahan yang drastis ini menjadi pelajaran bagi saya untuk selalu siap dalam segala kondisi, siap dengan segala perubahan. Menjadi berfikiran lebih luas dan terbuka, berfikir cepat dan tanggap.

    Hal lain yang dapat saya pelajari adalah, persiapan pengerjaan projek harusnya dimulai jauh-jauh hari sebelum hari H, mungkin satu semester sebelumnya sudah mulai sedikit membahas tentang acara ini untuk pelan-pelan mempersiapkan siswa dan melatih siswa berfikir scientifically.

    Project topic terlalu luas. Sebaiknya list rekomendasi project topicnya dipersempit agar anak dapat fokus mempelajari secara mendalam dasar-dasar teori dalam eksperimen atau projek yang mereka lakukan. Jika topiknya terlalu luas seperti kemarin, maka akan menjadi PR besar untuk guru Science bagaimana mengajarkan teori-teori dasar tersebut kepada anak.

  - Indah Nurrohmah

Komentar